Minggu, 22 Mei 2011

DASAR DAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA

DASAR PERTIMBANGAN PEMILIHAN MEDIA DAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
A. Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
Dasar pertimbangan untuk memilih suatu media sangatlah sederhana, yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak.
● Sebab-sebab seseorang memilih media antara lain:
a. Bermaksud mendemondtrasikanya seperti halnya pada kuliah tentang media.
b. Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan proyektor transparansi.
c. Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkrit.
d. Merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukannya, misalnya untuk menarik minat atau gairah belajar siswa.
● Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran antara lain;
a. Tujuan instruksional yang ingin dicapai
b. Karakteristik siswa atau sasaran.
c.  Jenis rancangan belajar yang diinginkan apakah bersifat audio saja, atau visual saja, atau kedua-duanya, atau mungkin media yang bersifat diam atau gerak, dan sebagainya.
d. Keadaan latar atau lingkungan.
e. Kondisi setempat.
f. Luasnya jangkauan yang ingin dilayani.
g. Objektivitas, pemilihan media tidak didasarkan karena kedudukan pribadi atau sekedar hiburan sehingga menghiraukan kegunaan dan relevansinya dengan bahan dan karakteristik peserta didik.
h. Progam pengajaran, artinya pemilihan media harus disesuaikan dengan progam pengajaran karena tidak semua media dapat digunakan untuk semua progam pengajaran.
i.  Situasi dan kondisi, pemilihan media harus disesuaikan dengan situasi belajar mengajar, metode mengajar, materi pelajaran, serta lingkungan sekolah dan kelas.
j.  Kualitas teknik, yaitu kesiapan operasional media sebelum digunakan .
k. Keefekifan dan efesiensi penggunaan, artinya penggunaan media bukan semata-mata karena melaksanakan salah satu komponen-komponen tetapi apakah media itu betul-betul berguna untuk memudahkan penguasaan peserta didik.
● Selain itu sebelum membeli media pembelajaran perlu adanya pertanyaan praktis yang diajukan antara lain:
      Apakah media yang bersangkutan relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai?
      Apakah ada sumber informasi, katalog, dan sebagainya mengenai media yang bersangkutan?
      Apakah perlu dibentuk tim untuk mereviu yang terdiri dari para calon pemakai?
      Apakah ada media dipasaran yang telah divalidasikan?
      Apakah media yang bersangkutan boleh direviu terlebih dahulu?
      Apakah tersedia format reviu yang sudah dibakukan?
● Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media yakni sebagai berikut:
a) Dasar teknologis, yaitu penggunaan alat peraga didasarkan pada kemajuan dunia teknologi dewasa ini. Jepang robot, Amerika Notebook,dll.
b) Dasar Psikologis, bahwa manusia mempunyai tiga kemampuan yakni:
            1. Kognitif (pengetahuan intelektual)
            2. Afektif (nilai,sikap,perasaan)
            3. Psikomotor (keterampilan kerja dengan koordinasi)
c) Dasar didaktis, penggunaan media hendaknya selaras dengan azas-azas didaktis, yakni: 1) peragaan, 2) minat, 3) motivasi, 4) kerja sendiri, 5) kerja kelompok, 6) lingkungan, 7) individual, 8) apersepsi, 9) korelasi, 10) ulangan.


B. Kriteria Pemilihan Media
Media merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Karena beraneka ragamnya media tersebut, maka masing-masing media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu perlu memilihnya dengan cermat dan tepat agar dapat digunakan secara tepat guna.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain: tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, ketepatgunaan, kondisi siswa/mahasiswa, ketersediaan perangkat keras( hardware ) dan perangkat lunak( software ), mutu teknis dan biaya. Oleh sebab itu, beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan antara lain:
1. Media yang dipilih hendaknya selaras dan menunjang tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Masalah tujuan pembelajaran ini merupakan komponen yang utama yang harus dipertahatikan dalam memilih media. Dalam penetapan media harus jelas dan operasional, spesifik, dan benar-benar tergambar dalam bentuk perilaku(behaviour).
2. Aspek materi menjadi pertimbangan yang dianggap penting dalam memilih media. Sesuai atau tidaknya antara materi dengan media yang digunakan akan berdampak pada hasil pembelajaran siswa.
3. Kondisi audien ( siswa ) dari segi subjek belajar menjadi perhatian yang serius bagi guru dalam memilih media yang sesuai dengan kondisi anak. Faktor umum, intelegensi, latar belakang pendidikan, budaya, dan lingkungan anak menjadi titik perhatian dan pertimbangan dalam memilih media pengajaran.
4. Ketersediaan media di sekolah atau memungkinkan bagi guru mendesain sendiri media yang akan digunakan merupakan merupakan hal yang perlu menjadi pertimbangan seorang guru. Seringkali suatu media dianggap tepat untuk digunakan di kelas akan tetapi di sekolah tersebut tidak tersedia media atau peralatan yang diperlukan, sedangkan untuk mendesain atau merancang suatu media yang dikehendaki tersebut tidak mungkin dilakukan oleh guru.
5. Media yang dipilih seharusnya dapat menjelaskan apa yang akan disampaikan kepada audien ( siswa ) secara tepat dan berhasil guna, dengan kata lain tujuan yang ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
6. Biaya yang akan dikeluarkan dalam pemanfaatan media harus seimbang dengan hasil yang akan dicapai. Pemanfaatan media yang sederhana mungkin lebih menguntungkan daripada menggunakan media yang canggih ( teknologi tinggi ) bilamana hasil yang dicapai tidak sebanding dengan dana yang dikeluarkan.
Dengan kriteria  pemilihan media di atas, guru dapat lebih mudah menggunakan media mana yang dianggap tepat membantu mempermudah tugas-tugasnya sebagai pengajar. Kehadiran media  dalam proses pengajaran yang dipaksakan sehingga dapat mempersulit tugas guru, tetapi ssebaliknya harus mempermudah guru dalam menjelaskan bahan pengajaran. Oleh sebab itu, media bukan keharusan tetapi sebagai pelengkap jika dipandang perlu untuk mempertinggi kualitas belajar-mengajar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar